Thursday 14 February 2013

[EE-IV] Breakthrough to Success

Sukses
Pemahaman tentang arti sukses sangat bergantung pada individu. Namun, secara umum sukses dapat diartikan keberhasilan mendapatkan apa yang diinginkan dan direncanakan dengan baik. Untuk menuju sukses, diperlukan pondasi sebagi berikut :  1. Menyadari sepenuhnya bahwa kegagalan dan keberhasilan adalah mutlak tanggung jawab sendiri, 2. Membuat gambaran yang jelas arti sukses sebagai individu dan bagian dari perusahaan, 3. Mengetahui apa yang diinginkan, 4. Memiliki komitmen kuat untuk sukses, 5. Jujur dan akuntable, 6. Memiliki jiwa kepemimpinan bagi diri dan bagian team, 7. Menyadari tanggung jawab bersam, 8. Melakukan inovasi, 9. Memberdayakan segala sumber daya individu dan kelompok.
 Apabila pondasi kesuksesan sudah dimiliki, maka perlu diperhatikan kunci sukses berikut : 1. Leadership, 2. Vision, 3. Communication, 4. Teamwork, 5. Strategic Allignment, 6. Conflict resolution, 7. Embracing change, 8. Learning organization.

Breakthrough
Breakthrough dapat diartikan terobosan atau tindakan diluar kebiasaan. Dan breakthrough to success bisa diartikan melakukan rencana tindakan diluar kebiasaan untuk mencapai keberhasilan. Terobosan perlu dilakukan karena : 1. Untuk mendapatkan hasil yang jauh lebih baik dari sekedar biasa saja, 2. Karena keinginan melakukan sesuatu yang berbeda dari biasanya untuk mendapatkan hasil yang lebih dari sekedar biasanya, 3. Menyadari sepenuhnya bahwa melakukan hal yang sama secara terus menerus tanpa ada terobosan tidak akan menghasilkan hal yang berbeda yang lebih baik.
Untuk mencapai sukses diperlukan individu – individu yang mampu bertindak efektif baik sebagai pemimpin ataupun anggota. Berikut ini ciri – ciri pemimpin efektif, yaitu : 1. Memiliki mimpi menjadikan dunia lebih baik, 2. Mengetahui batas kekuatan sendiri, 3. Mengupayakan keunggulan (ekselen), 4. Menampilkan kegigihan, 5. Bersedia menjadi diri sendiri, 6. Siap bertanggung jawab, 7. Menjadi teladan, 8. Memiliki etika, 9. Memiliki Integritas, 10. Menetapkan tujuan yang jelas, 11. Mengkomunikasikan dan mengartikulasikan visi dengan jelas, 12. Memberikan contoh yang baik, 13. Membangun kinerja optimal dari Tim, 14. Memberikan dorongan, 15. Memberikan dukungan, 16. Menghargai kinerja dan orang-orang, 17. Memberikan tugas yang menantang, 18. Membantu orang-orang untuk memahami di luar kepentingannya sendiri dan memfokuskan pada kepentingan dan kebutuhan Tim, dan 19. Memberikan inspirasi.

Proses Mencapai Sukses
Dalam membangun kesuksesan, maka kita perlu mengukur dan mengtahui kondisi kita saat ini berada dimana dan kondisi seperti apa yang diinginkan, selanjutnya dirancang strategi dan dimplementasikan untuk mencapai kondisi yang dinginkan. Untuk mengetahui kondisi saat ini bisa menggunakan analisa SWOT (Strength = kekuatan, Weakness = kelemahan, Opportunity = kesempatan, Threat = ancaman).
Strength dan Weaknes bersifat internal sedangkan Opportunity dan Threat bersifat eksternal. Untuk menemukan masing – masing kekeuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman diperlukan brainstorming mendalam yang dilakukan secara sendiri ataupun kelompok tergantung pada tujuan stratejik yang ingin dicapai bersifat pribadi atau kelompok.

Manfaat analisa SWOT, yaitu 1. Sebagai dasar penyusunan formula strategi dan sebagai alat analisa yang kuat, namun masih ada unsur – unsur subjektifitas, 2. Sebagau acuan penyusunan formulasi startegi, namun bukan sebagai ketetapan yang mutlak harus diikuti, 3. Mendukung keberhasilan mencapai tujuan yang dibangun berbasiskan kekuatan dengan memperbaiki kelemahan internal dan mengatasi ancaman eksternal, 4. Mengenali situasi dan kondisi lingkungan untuk menidentifikasi peluang yang ada untuk dimanfaatkan dalam mencapai tujuan.
Dan yang lebih penting adalah implementasi atau pelaksanaan atau eksekusi setiap formulasi strategis untuk mencapai tujuan dengan selalu melakukan evaluasi terhadap kesalahan dan melakukan improvemen atau perbaikan.

No comments:

Post a Comment